Arsenal Suporters Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manusia Sebagai Mahluk Sosial dan Mahluk Individu

>Hakikat Manusia Sebagai Mahluk individu dan Mahluk Sosial


*Manusia Sebagai Mahluk Individu

      Manusia sebagai mahluk individu adalah manusia yang mempunyai kehidupan pribadi . Di kehidupan pribadi manusia , manusia mempunya kehidupan masalah pribadinya masing-masing , kehidupan mereka yang ter bilang mewah dan modernisasi . Selain itu kepribadian mereka masing - masing amat berbeda , ketika perbedaan mereka itu yang membuat mereka mempunyai kehidupan masing-masing di setiap lingkungan mereka , misalnya kehidupan pribadi atau kehidupan rumah tangga mereka . Karateristik mereka amat beragam pula serta sifat2 mereka yang berbeda dari satu sama lain.

  *Manusia Sebagai Mahluk Sosial

       Manusia dikatakan sebagi mahluk sosial karena manusia itu sendiri yang tidak bisa hidup secara sendiri , keinginan mereka yang hidup menang sendiri (egois/tinggi hati) membuat mereka saling ketergantungan dengan manusia lain nya. Di setiap perlakuan nya manusia selalu butuh bantuan orang lain untuk hidup saling berdampingan dan kerja sama. Bila tidak ada bantuan orang lain manusia sendiri akan hidup sengsara , karena itulah hakikat manusia sangat erat dengan mahluk sosial .


>Peranan Manusia Sebagai Mahluk Individu dan Sosial

        Manusia adalah mahluk yang diciptakan dengan amat sempurna , sesungguhnya mereka semua mempunyai tujuan nya masing-masing baik Manusia sebagai mahluk sosial maupun Manusia sebagai mahluk individu.
Ketika banyak tujuan mereka yang berpusat pada lingkungan mereka , pelestarian alam , kepribadian mereka serta rumah tangga mereka sendiri. Misalnya seorang manusia mahluk sebagai sosial mereka bertujuan menjaga lingkungan mereka masing-masing dengan cara menjadikan lingkungan mereka selalu aman dan tentram. Sedangkan mahluk manusia itu sendri iya dapat berperlaku untuk mencapai tujuan mereka masing-masing misalnya dengan pelestarian alam dapat membuat mereka senang dan tujuan mereka tercpai.

>Dinamika Interaksi Sosial

      Dinamika interaksi sosial diartikan bahwa dapat sebuah hubungan yang mengalir cepat dan lambat , hubungan suatu manusia sangat lah banyak perubahan , Terkadang hubungan mereka kadang berubah dengan cepat dan lambat , Misalnya perubahan hubungan yang cepat dalam sebuah hubungan yang cepat berubah ketika banyak perbedaan pendapat diantara suatu hubungan manusia , sedangkan hubungan manusia lambat karena manusia berhubungan sangat erat atau hubungan mereka sangat cocok dari segi kesamaan pendapat dan saling kerja sama satu sama lain.


>Dilema Antara Kepentingan Sosial dan Individu.

Terkadang dilema terjadi ketika kepentingan sosial dan individu bercampur aduk atau saling ketergantungan satu sama lain, tetapi terkadanf manusia itu sendiri banyak memilih melebihdahulukan kepentingan individu daripada kepentingan sosial , dari situ terlihat manusia tidak selalu berjiwa sosial di setiap kepentingan mereka masing-masing.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar